Sabtu, 26 April 2025

Mobil Matik Tak Kenal Mundur? Coba Fitur Ini di Medan Terjal!

Amoeblog - Tidak perlu khawatir saat berkeliling ke daerah pedalaman dengan jalur menantang jika menggunakan mobil matic.

Bisa andalkan fitur satu ini yang ada pada mobil matik loh.

Fitur ini bisa kok dipakai buat nyalip atau tanjakan.

Jika digunakan dengan tepat, fitur-fiturnya pada mobil matic ini dapat memudahkan perjalanan melewati jalanan berat seperti tanjakan terjal.

Adalah fitur overdrive off .

" Overdrive Transmisi otomatis menggunakan gigi akhir yang dirancang dengan rasio gigi lebih rendah sehingga memungkinkan mobil bertransmisi otomatis mencapai kecepatan tinggi tanpa harus meningkatkan putaran mesin secara signifikan," terang Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel khusus Worner Matic, Bintaro, Tangerang Selatan seperti dilansir dari GridOto.

Overdrive off biasanya terdapat pada tipe transmisi otomatis standar.

Terdapat pula tombol terpisah di tuas transmisi yang berlabel OD atau OD OFF.

Ada juga yang tidak memiliki tombol dan mengganti posisinya dengan tuas di sebelah D (Drive), yaitu D3.

Saat overdrive off dinonaktifkan, final gear tidak dikendalikan oleh transmisi.

Secara otomatis perpindahan gigi akan diturunkan ke gigi yang lebih rendah.

"Targetnya adalah agar perbandingan gigi pada putaran menengah hingga tinggi dapat menjadi lebih besar tanpa harus pindah gigi ke posisi yang lebih tinggi," jelas Hermas.

"Bisa digunakan untuk melewati tanjakan atau menyalip, girboks memberikan beban torsi lebih tinggi untuk membantu akselerasi," contohnya.

Resya Napitupulu, pemilik bengkel spesialis SpeedCraft Performance Indonesia menunjukkan saat overdrive dimatikan, ada komponen girboks nonaktif yang disebut lock-up.

" Lock-up ini set clutch pengganti final gear yang menciptakan rasio hampir 1:1, percepatan mobil mengikuti putaran mesin," beber Resya.

Lock-up berfungsi pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar karena percepatan mobil disesuaikan dengan putaran torque converter yang tergantung pada putaran mesin.

Tetapi ketika melintasi lereng naik atau sedang mendahului kendaraan lain, terjadi masalah pengurangan tenaga mesin.

"Dengan overdrive off lock-up terlepas dan otomatis torque converter menghubungkan ke planetary gear set gigi di bawahnya agar bisa mendapat beban torsi," jelas Resya.

0 komentar:

Posting Komentar

alangkah baiknya diisi karena tulisan anda akan memberi semangat saya